Selasa, 19 Februari 2013

Bumi kok bulat ya

Posted by Unknown | 05.08 Categories: , ,

5/16/2010 04:36:00 PM  Admin

Ini pertanyaan sepele tapi juga jarang yang tahu jawabannya. Kenapa bentuk bumi, bintang danplanet lainnya berbentuk bulat? kenapa ga ada yang kotak, segitiga atau yang lainnya?. Nah berikut ini adalah jawaban ilmiah mengenai hal ini.



Semuanya benda akan turun ke gravitasi. Salah satu efek massa adalah bahwa hal itu menarik massa lainnya. Untuk benda-benda kecil, seperti komputer Anda, mobil Anda, dan bahkan sebuah bangunan, gaya gravitasi akan kecil. Tapi bila Anda memiliki jutaan, bahkan triliunan ton massa, efek gravitasi itu benar-benar sangat besar. Semua massa menarik semua massa lainnya, dan akan mencoba untuk membuat bentuk yang paling efisien yaitu bola.



Untuk obyek yang lebih kecil, seperti
 asteroid, gaya gravitasi berusaha untuk menarik objek ke dalam bola tidak cukup untuk mengatasi kekuatan batu menyimpannya dalam bentuk. Tapi begitu Anda mendapatkan di atas massa tertentu dan ukuran, kekuatan objek tidak dapat menghentikan gaya gravitasi dari menariknya ke dalam sebuah bola. Objek yang lebih besar dari sekitar 1.000 km mampu menarik diri menjadi sebuah bola.

Bahkan, Persatuan Astronomi Internasional memutuskan pada tahun 2006 bahwa kemampuan ini adalah salah satu persyaratan untuk objek untuk dipertimbangkan planet. Mereka harus mengorbit
 Matahari, mereka perlu membersihkan semua benda yang lebih kecil di orbit mereka, dan mereka harus memiliki gravitasi cukup untuk menarik diri menjadi sebuah bola.

Ketika sebuah benda memiliki gravitasi untuk menarik dirinya menjadi sebuah bola, astronom mengatakan bahwa dalam kesetimbangan hidrostatik. Dan itulah mengapa bumi itu bulat. Tentu saja, bumi tidak bulat sempurna. Karena berputar pada porosnya kira-kira sekali setiap 24 jam, ekuator Bumi menonjol keluar. Dan ada gunung-gunung dan lembah-lembah yang membuat permukaan bumi kasar.

Referensi: http://www.universetoday.com/guide-to-space/earth/why-is-the-earth-round/

0 comments:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube