Sabtu, 16 Maret 2013

Komputer Versi Kiki

Posted by Unknown | 08.49 Categories: , ,
Kawan semua pasti tau kan komputer...
:)

apa coba....?    :O   hahah
Sebagian besar orang tau komputer, bahkan tak jarang diantara kawan semua sudah mahir benar mengenai pengoperasian komputer, entah itu untuk akutansi, server, operator provider, gamers, dan lain-lain...
Tapi alangkah baiknya kalo kawan semua bisa tau sedikit banyaknya yang saya ketahui mengenai beberapa informasi tentang komputer. Saya juga masih belajar kawan, tenang saja  ^_^  tidak ada yang lebih pintar, si pembaca dan pengetik artikel sama kok, sama-sama cakep   :p
hahah...
Yuk  capcus materi...

Definisi kompter menurut kiki adalah sekumpulan beberapa unit perangkat keras yang tergabung menjadi satu unit yang dinamakan komputer yang sengaja dibuat untuk kepentingan umat manusia.
Komputer bisa fleksibel dalam penggunaanya, tergantung dari perangkat apa saja yang digunakan dan bagaimana tujuan diadakanya komputer tersebut kawan. Misalnya komputer server, Komputer server ini sengaja dirangcang untuk server  ISP misalnya, dia akan dirakit sedemikian rupa untuk tahan over clock atau terus menerus, karena server kan selalu aktif kawan. Atau personal Computer, yang biasa kita pakai sehari-hari, biasanya komputer ini multifungsi kawan, untuk browsing, untuk mengetik, mencetak, editing, akunting dan masih banyak lagi fungsi dari komputer, kembali lagi seperti yang saya tuliskan, tergantung dari perangkat dan tujuan utama komputer itu dibuat.
Dan disini yang akan kiki bahas adalah personal computer kawan ^_^ , karena dalam kehidupan sehari-hari kita ya menggunakan PC.

PC ( Personal Computer ).

Kawan-kawanku pasti ada yang punya PC sendiri kan dirumah...?
Sedikit banyaknya kita pasti menggunakanya, tapi yang jadi pertanyaan kiki, apakah kawan semua sudah mengetahui segala macam hal yang baik kita terapkan dalam penggunaan komputer itu sendiri.....?
Yuk kita belajar bareng kiki...
Dalam starting awal kita menyalakan komputer, tekan tombol power, dan muncul Logo dari merek PC itu sendiri lalu Bios ( Basic Input Output System ) membaca Sistem Operasi itu dinamakan  Booting kawan.
Perlu kawan semua ketahui, untuk mengurangi atau menanggulangi kerusakan pada komputer baik hardware maupun software, itu tergantung dari penggunaan pemiliknya, dari mulai hal kecil deh kawan...
Menyalakan komputer dengan menekan tombol power yang berada di casing komputer, dan tunggu booting, setelah selesai mengoperasikan PC, matikan dengan benar kawan, ikuti petunjuk yang benar, matikan melalui perintah di sistem operasi yang kita gunakan. Ketika kita mematikan dengan cara langsung menekan tombol power, itu memang bisa, tapi dihawatirkan akan memunculkan gangguan sistem. Dikarenakan sistem yang belum siap lantas tiba-tiba diperintahkan mati, tentu akan sistem akan meninggalkan secara paksa jutaan operasi yang sedang berjalan kawan.   ^_^
Kawan-kawan saja kalo lagi main dengan teman, terus dapet SMS dari mamah,
 " Cepet pulang udah sore ! "  misalnya, hehe, otomatis kita lagi asik terus ninggalin yang asik-asik itu secara paksa, pasti batin kita terganggu dan gondok.... wak wak wak iya nggak  ?  Yee curhat deh   :(
Hihihi...
Sama komputer juga bisa demikian, hanya saja komputer gak pernah dapet SMS dari mamah...    :p
Kesimpulanya kawan, PC atau perangkat apapun yang kita gunakan akan awet terjaga bila penggunaanya sesuai dengan SOP ( Standar Operasional P nya buat PR  ).

Hal yang dibutuhkan PC.

Pertama, Device dan perangkat, adalah hal yang sangat penting untuk pengoperasian PC.
Device juga terbagi lagi jadi dua kawan, yaitu  Input Device dan Output Device.
 Input Device
adalah perangkat masukan, cara kerja perangkat ini adalah berfungsi bila diberi perintah untuk menjalankan proses operasi PC itu sendiri.
Contoh Input Device : Keyboard, Mouse, Joystick, Webcam dan lain-lain bisa kawan cari di mbah google yang lebih sakti mandraguna dari kiki. hehehe

Output Device adalah perangkat keluar, yang berbeda dari input device, ini bekerja dengan cara dioperasikan lalu baru perangkat ini akan mengeluarkan data hasil kerja kita kawan.
Contoh Output Device : Monitor, Speaker, Proyektor/Infocus, Hadset, getuk, somay, baso, eh eh salah kawan... Maap hehe Laper kikinya hehe..  Dan masih banyak lagi contoh dari Output device kawan.

Ada dua perangkat yang terpenting untuk PC kawan, Yaitu Perangkat Keras Dan Perangkat Lunak.

Perangkat Keras adalah perangkat yang dirancang untuk membantu dan beroperasi secara maksimal dengan sistem agar menjadi sebuah komputer. Perangkat keras biasanya berbentuk elektronik kawan.

Perangkat Lunak adalah perangkat yang dibuat untuk menyokong perangkat keras yang bertujuan sebagai jalan pengoperasian perangkat keras untuk mengolah data.

Berikutnya adalah user atau pengguna, hahah... Masa komputer ada pengguna kaga ada kawan... Pengguna ini juga penting, tentu PC tidak akan beroperasi sendir tanpa ada yang memprogram kawan.

Dan lagi adalah penyedia atau provider, bila tidak ada penyedia atau perusahaan yang mengelola pabrik pembuat device, gimana tuh... hehe  Provider juga banyak macam, ada provider service, provider internet dan lain-lain.

Yang terakhir adalah Listrik beserta colokanya...  Hahahahahaha

Sekian kawan saya berbagi mengenai komputer, maap nih saya selengehan dan  banyak kekurangan.
Semua itu bertujuan supaya pembaca tidak jenuh dengan bahasa baku, kuharap bahasaku kalian mengerti. hehehe....


bye sampai jumpa di artikel lainya.. . ::..:::..:::..::::::.....:::::::....:.:.::.


0 comments:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube