Kamis, 25 Juli 2013

Tips dan saran membeli Laptop dengan Teliti

Posted by Unknown | 06.34 Categories: , ,

Assalamualaikum Wr.Wb.


Sudah lama nih kawan, Kiki gak bagi-bagi artikel, habis sibuk sih.
Kiki punya sedikit referensi nih, semoga kawan semua bisa ambil poin positif yang berguna yah..

Siapa sih yang belum tau gadget yang satu ini, yaitu Laptop Komputer. Benda slim yang memiliki banyak fungsi dalam membantu kehidupan kita sehari-hari ini sudah tidak asing lagi di semua kalangan, remaja, tua, muda, sampai di kalangan pelajar.
Yang Kiki mau bahas adalah, kriteria apa saja sih yang bisa kita persiapkan sebelum membeli Laptop baru, biar kaga nyesel di kemudian hari karena salah pilih.

  1. Jangan Terpaku Dengan Merek Pasaran.

    Maaf, biasanya orang Indonesia agak latah dengan merek yang pasaran banyak diminati orang, padahal belum tentu merek yang banyak diminati itu berkualitas baik buat kita. Carilah merek yang sesuai dan memenuhi kebutuhan kita, sehingga fitur dan keinginan kita bisa saling melengkapi.
  2. Perhatikan Kondisi Fisik Laptop.

    Kondisi fisik atau Hardware Laptop itu sendiri penting juga kita perlu perhatikan, yang nantinya sangat berpengaruh juga terhadap kinerja Laptop itu sendiri.
    Pilihlah laptop yang sesuai dengan lingkungan dan kebutuhan kawan, misalkan, rumah kawan tidak terlalu sejuk, tentu saja suhu di sekitar bisa mempengaruhi kinerja Laptop itu sendiri, makin sejuk suhu di sekitarnya, makin optimal juga Processor dan periperal yang ada  pada Laptop itu sendiri. Bila kondisi agak panas disekitar kita, Kiki sarankan pilih Laptop yang ber-casing dari bahan yang bisa menyimpan udara sejuk, seperti alumunium atau sejenisnya.
    Banyak juga Laptop terbaru masa kini yang dirancang secara slim dan se-elegan mungkin di tangan pengguna, tapi tentu saja itu bersifat subjektif, tidak semua selera dan kebutuhan orang sama, tidak direkomendasikan juga membeli Laptop harus slim, kita harus teliti tidak selalu yang slim itu canggih atau awet, pilihlah kondisi fisik Laptop yang sesuai dengan kebutuhan kawan-kawan.
  3. Teliti Dengan Periperal / Perangkat Laptop.

    Dalam memilih Laptop, tidak hanya satu patokan saja yang menjadi daya tolak ukur, perlu banyak kecermatan agar tidak menyesal nantinya. Perhatikan kondisi dan perangkat yang disediakan oleh Penyedia Laptop tersebut, Kiki contohkan yang kasap mata saja, seperti Keyboard,Touchpad, Port, Charger, Kabel Power, Baterai, dll.

    Telitilah kawan, percuma bila Laptop modelnya keren, tapi perangkatnya tidak sesuai kriteria kita atau tidak elegan saat dipakai. Contoh Keyboard, banyak varian keyboard yang sersedia di Laptop bawaan pabrik, tapi tidak semua pas dan nyaman dipakai, ada yang terlalu tipis, terlalu tebal, gepeng, dan lain sebagainya, tentu kita harus memilih yang nyaman dan pas untuk jari kita, guna mempermudah proses pengoprasian Laptop itu dan demi kenyamanan penggunaan kita. Touchpad juga demikian sama halnya dengan Keyboard.

    Lain lagi dengan Port, ini terbagi bermacam-macam port, ada port USB, port RJ-45, dan port lainya, perlu diperhatikan ada berapa jumlah portnya, conect tidaknya port itu.
    Selanjutnya adalah Baterai, ini juga merupakan salah satu perangkat yang tidak kalah penting, di dalam Baterai Laptop selain untuk menyimpan tegangan Listrik, juga berguna untuk menyimpan beberapa settingan pada Laptop itu sendiri, settinganya tergantung dari fitur yang disediakan penyedia.
    Yang sangat perlu diperhatikan adalah berapa lama ketahanan Baterai itu menyokong Laptop kita selama beroperasi, kita bisa berkonsultasi pada pihak penjualan yang lebih paham kawan.
  4. Cermat Memilih Spesifikasi
    Spesifikasi tidak kalah penting dengan yang diatas-atas, spesifikasi ini lebih cenderung sesuai dengan kebutuhan pengguna, seperti apakah yang diinginkan dan dibutuhkan.
    Bila Laptop bertujuan untuk kebutuhan Grafis, tentu harus memilih Processor yang sesuai dan juga tambahan RAM dan sokongan VGA yang cukup untuk menyuplai grafiknya. Sama juga halnya dengan gaming. Namun jika Laptop sengaja untuk gaming, tentu harus diperhatikan adalah suhu sekitar, cooling internal dan di sokong cooling eksternal juga perangkat tambahanya.

    Jika Laptop hanya digunakan sekedar mengetik atau menyimpan data penting, tentu spek yang dibutuhkan ya ala kadarnya saja dengan kapasitas Hardisk yang cukup.
    Tetap ujungnya ya subjektif kawan, Laptop itu harus semaksimal mungkin menjadi pelengkap kebutuhan kita.

Bagaimana kawan...?  Bagi kawan yang berencana membeli Laptop baru sudah dapat pencerahan...?
Cukup sekian artikel dan info yang dapat Kiki bagi, kekuranganya mohon dimaklumi karena Kiki juga masih pelajar. Kelebihanya hanya milik Allah SWT.
Terima Kasih.

Wassalamualaikum Wr.Wb.
^_^






0 comments:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube